Tuesday, October 18, 2016

Apa itu Root Android ? Bahaya kah ?

Seiring berkembangnya zaman nama Android sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, pengguna Android sudah mencapai berbagai kalangan, dari mulai orang tua hingga anak anak.

Android merupakan produk buatan Google yang menjadi pesaing berat dari IOS dan Windows Phone. Berbeda dengan IOS dan Windows Phone, Android memiliki keistimewaan yaitu Open Source yang memungkinkan semua orang bisa menjadi developher android itu sendiri. Berbicara mengenai Open Source tidak jauh dari kata ROOT, Sama halnya Linux di desktop, Android juga mempunyai akses ROOT. Menurut anda kegiatan ROOT ini berbahaya gak sih ? mari kita bahas

Apa itu Root Android ?

Sebelum menginjak ke materi kita. Sebaiknya kita kenal dulu Apa itu root android ? Rooting Android adalah Kegiatan yang dilakukan pengguna Android untuk mendapatkan akses penuh dalam Android yang digunakan, dengan kata lain pengguna tersebut di perbolehkan untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system dalam Android OS tersebut seperti menambah atau menghapus aplikasi bawaan Android

Kata root sendiri merujuk pada Superuser yaitu system administrator yang ada dalam system operasi Linux termasuk juga Android. Dengan root kita juga bisa mendesain Android sesuai keinginan kita, atau menjadi seorang Android Developher. Namun kegiatan ROOT Android memiliki beberapa kerugian dan keuntungan.

Kerugian Root Android

1. Menghilangkan Garansi Android 

Sebelum melakukan root biasanya beberapa merek ponsel Android sudah memperingatkan untuk tidak melakukan rooting, apabila android sudah di root maka vendor tersebut sudah tidak bertanggung jawab atas kerusakan kerusakan yang terjadi apabila proses rooting gagal. Tak perlu khawatir kita juga melakukan unroot yaitu mengembalikan system ke bawaan pabrik sehingga Android kita kembali dalam keadaan seperti baru.

2. Sangat berbahaya bagi pengguna yang tidak mengerti rooting Android

Mengapa hal ini terjadi ?
Semisal pengguna Android tersebut dengan sengaja maupung tidak sengaja menghapus beberapa file yang nantinya menyebabkan Android tersebut tidak berfungsi dengan baik.

3. Rawan terjadi Bootlop Softbreak dan Hardbreak

Hal ini sangat wajar terjadi bagi seorang Android developher, apabila android anda Bootlop, Softbreak maupun Hardbreak kita dapat mengatasinya dengan cara melakukan Flashing Android.
Jika anda tidak mengerti apa itu Flash sebaiknya bawa saja ke konter Handphone terdekat untuk mengurangi resiko kerusakan.

Keuntungan Rooting Android

Dibalik kerugian kerugian yang ada, kegiatan rooting juga mempunyai banyak keuntungan antara lain:

1. Akses penuh Android

Ya dengan root kita memiliki akses penuh Android yang kita miliki kita dapat leluasa memodifikasinya layaknya seorang Android developher.

2. Mengganti ROM dan Meningkatkan versi

Kita dapat merubah tampilan android kita dengan cara memasang costum ROM buatan kita ataupun buatan developher Android anda.
Kita juga dapat meningkatkan versi Android anda misalnya versi Android anda masih 4.2 (Jellybeen) anda dapat meningkatkannya menjadi lollipop 5.0 (Lollipop)

3. Menghapus aplikasi bawaan vendor Android

Aplikasi bawaan vendor hanya bisa di hapus melalui akses root,
Dengan root kita dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak anda inginkan ataupun aplikasi pengganggu yang dapat menurunkan peforma Android anda.
Kita juga bisa mengganti aplikasi bawaan tersebut dengan aplikasi keinginan kita

4. Kontrol penuh CPU

Dengan root kita dapat melakukan tweaking atau overclocking prosessor untuk meningkatkan performa Android kita.

5. Menghemat Kuota Internet Android

Dengan root kita dapat melakukan backup aplikasi yang kita unduh melalui Google Playstore jadi apabila kita melakukan factory reset kita dapat memasang aplikasi tadi tanpa perlu mengunduhnya melalui Google Playstore.

6. Dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root

Banyak aplikasi yang membutuhkan akses root untuk menginstalnya. Dengan root kita dapat menginstal aplikasi tersebut. Tanpa ada peringatan keamaan.
Beberapa aplikasi android yang membutuhkan akses root diantaranya tittanium backup, frammaroot, king root, Link2sd, lucky patcher universal init.d dll

7. Pintar Koding

Yups dengan melakukan root android menjadi anda pintar koding mengapa demikian ? saat anda mencoba mendesain tampilan Android anda akan di bawa ke beberapa source kode, dengan kata lain anda di paksa mengerti untuk apa source kode tersebut. Jadi dengan paksaan tersebut anda menjadi pintar dalam source kode Android

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, walaupun ROOT Android memiliki banyak kerugian, namun jangan khawatir kerugian itu dapat diatasi. Sebaliknya ROOT Android mempunyai banyak kelebihan yang membuat anda tertantang melakukan sesuatu terhadap Android anda. Jadi tunggu apa lagi ?

Ayo Root Android anda


EmoticonEmoticon